Kiat Mudah Menentukan Bisnis Waralaba

Bookmark and Share





Bisnis Waralaba - Pilihan berwirausaha melalui bisnis waralaba (franchise) masih belum dikenal luas di Indonesia. Padahal, jenis usaha ini menyodorkan keuntungan dan kemudahan yg tidak dimiliki jenis bisnis lainnya.

Berbisnis, meskipun dgn sistem waralaba tetap harus dipertimbangkan dgn baik. Sebelum Anda memutuskan membeli bisnis waralaba, sebaiknya ikuti tips yg berikut:

1. Datanglah ke pameran waralaba dan peluang bisnis waralaba dgn gagah berani. Jangan minder. Bertindaklah seperti seorang bos yg akan mencari mitra bisnis, karena Anda yg akan menentukan segalanya. Jika Anda memiliki lokasi usaha yg strategis dan modal, Andalah penentunya,
2. Bertanyalah sebanyak-banyaknya dalam kesempatan pameran. Panduan penting yg harus dapat Anda ketahui adalah:
·         Mengetahui profil dan karakter pemilik atau pendiri usaha tersebut.
·         Gali informasi mengenai kondisi keuangan dan bisnisnya.
·         Jika mereka bebas bertanya tentang kondisi keuangan dan modal yg Anda tanamkan dalam bisnis tersebut, Anda juga bebas bertanya kondisi perusahaan pemilik merek tersebut.
·         Kenali latar belakang perusahaan atau sang pengusaha, bonafiditas, pengalaman, potensi pasar, peta persaingan, serta keunggulan dan keunikan produk atau sistem mereka.

Dari tips komunikasi interaktif di atas, Anda dapat mengukur seberapa jauh mereka terbuka dgn  bisnis yg akan diwaralabakan. Ini penting karena Anda akan melakukan komunikasi secara intens jika sudah menjadi mitra. Semakin mereka terbuka, semakin baik. Semakin mereka misterius dan tertutup, Anda harus berhati-hati dgn orang semacam ini.

Ingat, kelak Anda harus saling bertukar informasi dgn mereka.

Jangan segan menyelidiki kondisi keuangan pewaralaba. Kinerja mereka di masa lalu dapat menjadi proyeksi bisnis anda mendatang. Pewaralaba yg baik tak akan segan membagi informasi penting ini. Waralaba yg layak pilih adalah perusahaan yg telah menghasilkan untung selama bertahun-tahun, setidaknya lebih dari 3 tahun. Tanyakan pula kinerja cabang atau gerai milik terwaralaba lama. Apakah mereka untung atau malah gulung tikar. Tak ada salahnya kalau Anda mencoba menggali informasi langsung dari terwaralaba lama yg lebih dulu beroperasi

Sumber: suaramedia.com
Temukan Info Lain Seputar Bisnis Warabala

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger