Rumput Sintetis Dengan Free Maintenance

Bookmark and Share

Beberapa akhir tahun belakangan ini, rumput sintetis atau yang disebut artificial grass marak dipergunakan oleh sebagian orang. Kebanyakan rumput jenis ini digunakan pada sebagian lapangan olahraga indoor seperti futsal. Sejak beberapa tahun silam, olahraga futsal semakin digandrungi. Otomatis, rumput sintetis semakin meningkat pula penggemarnya. Penggunaan rumput sintetis yang awalnya lebih dikembangkan untuk keperluan lapangan olahraga pun kini telah bergeser. Saat ini artificial grass juga banyak digunakan oleh lanskaper taman.


Rumput sintetis memiliki bermacam bentuk dan warna, tergantung produsennya. "Kami hanya impor yang berwarna hijau saja. Warna lain juga ada, tapi terlihat aneh. Hijaunya pun bukan hanya satu warna, tapi beragam. Ada hijau gelap, hijau toska, dan hijau kekuningan. Rumput warna hijau dan kekuningan merupakan rumput yang paling digemari di Indonesia," imbuh Sandy.

Sedangkan jika diteliti tiap helai daunnya, ada yang berjenis kasar, dimana satu helai anyaman terdiri dari satu helai daun yang besar. Ada pula yang satu helai tersebut dipecah lagi. Istilahnya fibrillated. Ada upa yanp satu anyaman terdiri dari satu helai rumput. Untuk jenis terakhir ini lebih kuat. Apalagi dengan lapisan ganda. Bila tersibak, bagian dasarnya tidak akan terlihat.

Rumput sintetis biasanya terbuat dari serat silikon atau bahan lain sesuai dengan perusahaan masing-masing. Panjang serat ada yang 35 mm, 40 mm, dan 50 mm. Serat tersebut kemudian direkatkan ke dalam lapisan polypropylene, semacam karet berwarna hitamyang lentur. Lapisan ini mampu menahan tekanan dari atas dan tak mudah sobek bila terkena beban tarikan.

Rumput sintetis yang memiliki berbagai macam keuntungan, antara lain minim perawatan dan tidak dapat tumbuh lebat layaknya rumput biasa membuat rumput tiruan ini mulai banyak dilirik oleh lanskaper taman.

Hanya saja, rumput tiruan masih belum dapat memberikan dampak ekologis sebaik rumput asli. Rumput tiruan dengan dasar semen pada taman outdoor tidak dapat meresap air hujan. Padahal air resapan hujan merupakan permasalahan penting saat ini.

Temukan info lebih lengkap dan menarik seputar rumput sintetis

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger