Rekaman Musik Digital Makin Mudah Karena Kemajuan Teknologi

Bookmark and Share

Dengan adanya terobosan-terobosan teknologi, sekarang bukan hanya data not saja yang bisa direkam oleh komputer, melainkan data Audionya (suaranya) sekaligus. Seperti pada perekaman suara dengan pita, maka data rekaman suara pada sistem ini dapat berupa bunyi apa saja, mulai dari instrumen musik akustik, efek suara semacam halilintar atau bunyi ombak, sampai ke Vokal manusia.


Sistem perekaman suara digital ini sebelumnya sudah dirintis oleh instrumen tipe Synclavier/PostPro, yaitu kombinasi instrumen synthesizer, sequencer serta perekaman suara 8 jalur. Alat tersebut banyak digunakan dalam penulisan dan perekaman musik film, misalnya untuk film Back to The Future III, The Abyss, serta serial Friday The 13th.

Jika semula hanya terjangkau oleh studio-studio rekaman profesional, maka belakangan ini sistem perekaman suara secara digital dengan media cakram juga mulai dapat dinikmati oleh mereka yang anggarannya relatif lebih terbatas. Hal ini dimungkinkan dengan adanya paket-paket perekam suara untuk komputer PC dan Apple Macintosh

Dua kemajuan teknologi yang amat signifikan bagi dunia rekaman musik belakangan ini adalah teknologi MIDI sequencing serta disk-based digital audio recording. Teknologi yang disebut pertama tadi merupakan sarana untuk merekam dan memainkan kembali data not musik. Sedangkan yang disebut belakangan merupakan sarana untuk merekam suara ke dalam bentuk digital. Data rekaman suaranya kemudian disimpan dalam bentuk cakram/harddisk. Harap diperhatikan, bahwa pada teknologi perekaman suara ini, yang direkam bukan data not musik, melainkan suara musik itu sendiri, termasuk suara vokal.

Teknik perekaman not musik melalui MIDI, menggunakan sarana yang disebut MIDI sequencer. Sarana ini dapat berbentuk alat khusus seperti Roland MC-500, instrumen musik seperti Korg X3, atau juga program komputer seperti Cakewalk Pro Audio 9, SONAR 6, Steinberg Cubase SX, Ableton, ACID, Powertracks, dll.Prinsip kerjanya demikian: kita memainkan aransemen musik melalui keyboard atau gitar yang dihubungkan ke sequencer melalui kabel MIDI. Data-data nya lalu disimpan dalam harddisk/disket. Untuk memainkan kembali aransemen tersebut, perekam not tadi dihubungkan dengan kabel MIDI ke instrumen synthesizer, yang akan berbunyi sesuai data MIDI yang dikirimkan oleh perekam

Temukan info lebih lengkap dan menarik seputar rekaman musik

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger