Hal-hal yang Menyebabkan Rambut Rontok

Bookmark and Share
Hal-hal yang Menyebabkan Rambut Rontok
Masalah kerontokan rambut kadang menjadi sesuatu yang menyebalkan bagi setiap orang. Normalnya setiap hari manusia mengalami kerontokan 50-100 helai rambut kemudian diganti dengen regenerasi rambut yang baru, namun setiap orang memiliki kondisi yang berbeda. Kerontokan yang terus menerus disebabkan oleh beberapa faktor, bisa karena faktor hormon, gizi dan nutrisi tidak seimbang, stress, penyakit kulit, efek obat-obatan, efek kemoterapi, penyakit tiroid dan lain-lain.

Kerontokan yang berkelanjutan tanpa diiringi oleh regenerasi rambut bisa menyebabkan kebotakan permanen, untuk itulah perlu diketahui beberapa hal-hal yang dapat memicu kerontokan rambut sehingga bisa menyebabkan kebotakan permanen. Berikut ini adalah hal-hal yang menyebabkan rambut rontok :

1. Pengaruh Hormon
Faktor yang paling berpengaruh bagi kerontokan rambut adalah faktor hormon. Hormon inilah yang memicu pertumbuhan dan perkembangan rambut, rambut akan menipis dan kemudian rontok. Ini dipicu oleh hormon yang disebut hormon Dihydrostesterone atau DHT, baik wanita maupun pria memiliki hormon yang satu ini. namun tidak semua orang yang mengalami kerontokan, hal ini diakibatkan karena folikel rambut yang mempunyai banyak sedikitnya reseptor antara hormon androgen dan DHT. Maka dari itu, cara terbaik untuk mengurangi kerontokan yang populer saat ini adalah dengan obat-obatan anti androgen. Obat anti androgen berfungsi mencegah terbentuknya hormon DHT yang bisa memicu kerontokan.

2. Nutrisi
Kekurangan nutrisi dan gizi juga salah satu faktor yang bisa menyebabkan kerontokan. Gizi diperoleh dari beragam makanan yang kita konsumsi. Gizi dan nutrisi yang seimbang bisa membuat pertumbuhan rambut membaik dan jaringan rambut pun lebih baik. Walau pun rambut rontok bisa diganti dengan regenerasi rambut yang baru. Makanan yang kaya protein sangat baik untuk pertumbuhan rambut.

3. Stress
Stress menjadi salah satu penyebab rambut rontok, hal ini menyebabkan folikel rambut terserang sel darah putih atau folikel menjadi tertidur, solusinya adalah relaksasi dan hindari stress

4. Obat-obatan tertentu
Kerontokan juga bisa disebabkan oleh efek samping konsumsi dari beberapa obat-obatan tertentu seperti obat-obatan Pil KB, obat kemoterapi, anti depresan, dan obat diuretik.

5. Anemia
Kekurangan sel darah merah serta sat besi bisa memicu kerontokan rambut, hal ini diakibatkan oleh folikel rambut yang tidak sehat dan cenderung menipis dan akhirnya rontok.

Nah demikian beberapa faktor yang Menyebabkan Rambut Rontok. Semoga informasi di atas bermanfaat.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar