Tips dan Cara Merawat Motor Matic

Bookmark and Share

Variasi Motor - Supaya motor matic selalu dalam keadaan prima, ada baiknya kita melakukan perawatan yang tepat. Selain karburator, motor matic juga membutuhkan perawatan v-belt. Harga spare part matic memang tergolong lebih mahal dari motor biasa, maka dianjurkan utnuk merawat dan melakukan servis secara teratur.


http://media2.id.88db.com/DB88UploadFiles/2008/02/29/C9066118-4C85-4253-AEC1-1D2EACACCAA4.jpg


Bagi yang memiliki motor matic, ada beberapa hal yang haru diperhatikan agar motornya tetap sehat dan terawat:


- service umum rutin setiap 2 bulan sekali atau 2000 km, cek karburator, cek busi, buka filter udara dan cek rantai.


- Cek kondisi V-Belt dan ganti setiap 25.000 km dan lakukan pengecekan setiap 10.000 km.


- Oli mesin merupakan hal yang perlu diperhatikan, karena fungsinya sangat vital yaitu melumas komponen-komponen mesin. Gantilah oli motor setiap 2.000 km. Karena jika telat akan berakibat buruk terhadap kondisi mesin motor


- Bersihkan klep setiap 15.000 km agar mesin dalam kondisi bagus dan motor tidak ngadat atau mogok, biasanya kotoran sering mengganjal di klep.


- Servislah motor Anda di bengkel resmi agar motor selalu terkontrol oleh mekanik yang ahli dan jika ada kerusakan lebih mudah ditangani.


- Bisakan untuk memanaskan mesin mesin sebelum motor dijalankan, hidupkan mesin dengan menarik cuk dan gunakan starter kaki. Biarkan mesin hidup sekitar 5 menit supaya sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Kemudian kembalikan letak cuk dan motor siap digunakan.


- Periksa tekanan angin ban, jangan terlalu keras dan juga jangan kurang angin.


- Gunakan selalu spare part asli. Lebih baik mahal sedikit tetapi puas dan tahan lama daripada memakai yang tidak asli meski murah tetapi tidak tahan lama.


Semoga bermanfaat bagi kita semua dan khususnya yang punya motor matik.


Info Terkait: Variasi Motor

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger