Kesehatan Holistik: 10 Langkah Tindakan Agar Keselarasan Tubuh Anda Selalu Terjaga (bagian kedua).

Bookmark and Share
Kesehatan Holistik: 10 Langkah Tindakan Agar Keselarasan Tubuh Anda Selalu Terjaga (bagian kedua)Empat langkah berikutnya untuk menjaga keselarasan dan kesehatan holistik Anda adalah:

4. Unsur-unsur Alami
Umumnya, kuman merupakan unsur alam yang tidak menguntungkan bagi kesehatan. Berlawanan dengan itu, ada juga unsur alam yang menguntungkan.

Alam ini terdiri dari pair of opposites – pasangan hal-hal yang saling berlawanan. Ada panas, ada dingin , ada suka dan duka. Apabila ada unsur alam yang dapat mengacaukan keselarasan diri, ada pula unsur-unsur alam yang dapat mengembalikan keselarasan diri.

Menghirup udara kotor dapat mengganggu pernafasan, menghirup udara bersih dapat mengatasi gangguan pernafasan. Jadi, sebenarnya unsur yang sama dapat dipergunakan untuk mengatasi masalah yang disebabkan oleh unsur itu. Para mistik di timur menemukan unsur-unsur dasar kehidupan ini. Mistik adalah ia yang memahami ”misteri” kehidupan.

Hazrat Inayat Khan menjelaskan: para mistik telah merumuskan unsur-unsur dasar tanah, air, api, udara dan angkasa (eter diyakini sebagai ”sesuatu yang mengisi ruang yang kosong dari segala sesuatu yang lain”) dapat dipergunakan untuk mengembalikan keselarasan dalam diri Anda. Dari literatur Naturopathy, ada beberapa tehnik yang sangat mudah dandapat dilakukan di rumah:

· Penggunaan tanah: gunakan lumpur alami sebagai lulur. Mud bath atau mandi lumpur ini sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Membiasakan diri untuk melakukan mandi lumpur sebulan sekali dapat menjaga kesehatan.
· Penggunaan air: minum air minimal sebabanyak 30 ml per kilogram berat badan akan membebaskan Anda dari berbagai macam racun sisa hasil metabolisme tubuh. Gunakan air bersih untuk mandi, membiasakan diri mandi 2-3 kali sehari sangat baik bagi kesehatan.
· Penggunaan api: berjemurlah dibawah matahari, khususnya matahari pagi selama 20-30 menit dengan punggung menghadap matahari. Waktu yang tepat untuk wilayah Indonesia adalah antara jam 06.00 – 10.00 pagi. Sinar matahari pagi dapat mematikan kuman dan virus yang tidak selaras dengan tubuh Anda.
· Penggunaan udara: berjemur di bawah matahari pagi sebenarnya bermanfaat ganda. Anda memperoleh unsur api dari matahari dan unsur udara dari angin pagi.
· Penggunaan angkasa: ini merupakan terapi futuristik. Segala macam penyakit yang tidak bisa disembuhkan di permukaan bumi dapat disembuhkan di angkasa luar, space – bila terbebaskan dari gravitasi bumi.

5. Rileksasi.
Rileksasi yang cukup merupakan faktor penentu bagi kesehatan holistik. Hampir setiap metode, setiap tehnik bermuara pada rileksasi. Para dokterpun juga setuju, bahwa dalam keadaan rileks proses penyembuhan bisa berjalan lebih cepat.

Harus ada keseimbangan antara kegiatan dan rileksasi. Apabila keseimbangan itu kacau, nafas Andapun menjadi kacau. Nafas yang kacau menyebabkan ketidakselarasan dalam diri Anda , akhirnya jatuh sakit.
Rileksasi disini bukan semata-mata rileksasi tubuh. Bukan hanya tubuh fisik, batin Andapun harus dalam keadaan rileks, santai. Pikiran Anda harus tenang, emosi tidak bergejolak – semuanya ini merupakan bagian dari rileksasi yang Anda butuhkan.

6. Kepribadian Seorang Dokter.
Mungkin terdengar aneh, tetapi begitulah adanya. Cara seorang dokter, seorang “penyembuh” atau “praktisi ilmu kesehatan” menangani pasiennya sangat penting.

Seorang dokter, seorang praktisi ilmu kesehatan harus bisa memahami tabiat pasiennya. Sering sekali dengan berterus terang pada pasien tentang keseriusan penyakitnya malah berakibat fatal. Jangan menjatuhkan vonis, tetapi berikan semangat pada pasien Anda. Anda juga tidak perlu membohonginya, apabila fakta tentang penyakitnya tidakperlu atau belum perlu dijelaskan, jangan menjelaskannya. Bangkitkan rasa percaya dalam dirinya, kembalikan semangatnya. Setelah dia siap, barulah berterus terang dengan dia – itupun jika perlu.

Fisik Anda selalu mengalami pasang surut. Ada kalanya fisik tidak membutuhkan istirahat dan Anda tidak bisa tidur. Ada kalanya fisik membutuhkan istirahat dan Anda malas bekerja. Ada kalanya mekanisme badan Anda butuh istirahat dan tidak ada keinginan untuk makan . Mengaitkan pasang surut alami dengan penyakit sama seperti menyirami akar penyakit. Selalu memikirkan atau merasakan penyakit sama seperti membesarkan pohon penyakit dalam diri anda.

Seorang dokter, seorang praktisi ilmu kesehatan harus memahami jiwa pasiennya. Ia juga harus berperan sebgai counsellor – seorang pembimbing, seorang penasehat. Ia harus bisa menyelami jiwa pasiennya.
Penampilan seorang dokter dan cara dia menangani para pasiennya sangat menentukan terjadinya penyembuhan. Seorang dokter yang berwajah cerah, energetik dan penuh perhatian dapat menyembuhkan pasiennya hanya dengan sebuah senyuman.

7. Pengaruh Kata dan Suara terhadap Kesehatan.
Apa yang dikatakan oleh seorang dokter menjadi sangat penting. Kata-kata, ucapan-ucapan merka dapat menyembuhkan Anda dari berbagai macam penyakit. Itu sebabnya kepribadian seorang dokter atau praktisi kesehatan menjadi semaki n penting.

Di balik segala sesuatu ada gerakan, getaran. Gerakan dan getaran ini rupanya sinonim. Seseorang yang peka dapat merasakan aliran darah dalam dirinya. Ia juga dapat merasakan ritme jantungnya, denyutan otaknya. Getaran adalah gerakan, gerakan adalah getaran. Dan oleh sebab itu kata-kata menjadi sangat penting. Setiap kata mengeluarkan getaran tertentu dan getaran ini dapat mempengaruhi getaran dalam diri Anda, selanjutnya dapat menyelaraskan gerakan-gerakan yang tidak selaras – tidak serasi dalam diri Anda.

Getaran-getaran yang dikeluarkan oleh suara, oleh kata-kata tertentu tidak hanya mempengaruhi fisik Anda, tetapi juga pikiran dan rasa Anda. Bahkan lingkungan sekitar Andapun akan terpengaruh olehnya. Oleh sebab itu para mistik jaman dahulu menggunakan mantra. Jangan terkecoh dengan sebutan, jangan langsung apriori. Mantra berarti yantra atau alat untuk menyelaraskan man atau mind manusia.

Setiap tradisi dan budaya mengenal mantra. Mungkin istilahnya yang berbeda. Tradisi Islam meliki wirid, atau ucapan-ucapan yang indah sekali – yang dapat diulangi terus menerus. Doa Salam Maria, Doa Bapa Kami dalam tradisi Nasrani, Al Fatihah dalam tradisi Islam, Gayatri dalam tradisi Hindu, Pujian bagi Avalokiteshvara atau Kuan Yin dalam tradisi Buddhis bisa dijadikan alat penyembuhan atau sarana penunjang kesehatan yang ampuh. Mengulanginya 7 kali setiap pagi dan setiap malam akan ikut membantu terciptanya keselarasan dalam diri Anda. Caranya mudah sekali:

· Pagi-pagi begitu bangun tidur sebelum meninggalkan ranjang dengan mata masih tertutup, ucapkan mantra atau wirid Anda.
· Untuk malam, ucapan tersebut harus menjadi agenda terakhir Anda untuk hari itu. Lakukan diatas ranjang, dalam keadaan berbaring dan mata tertutup.
(Anand Krishna, Cakrawala Sufi 2: Hidup Sehat dan Seimbang Cara Sufi)

Demikianlah sudah tujuh langkah tindakan agar keselarasan tubuh serta kesehatan holistik Anda selalu terjaga, tiga langkah terakhir akan dituliskan dalam tulisan berikutnya.


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger