Trik Mengurangi Perubahan Psikologis Wanita Hamil

Bookmark and Share


Perubahan psikologis saat kehamilan memang kerap kali terjadi pada wanita yang hamil namun anda sebagai suami jangan pernah berhenti untuk memahami dan menyayanginya dan selalu bersabar bila sikapnya ada yang kurang berkenan dihati dan anda harus pandai menyikapinya, berikut ada beberapa tips untuk anda:

 A. Mencari informasi tentang kehamilan
Dengan adanya informasi baik dari internet, buku maupun majalah dapat memberikan ilmu yang positif pada ibu hamil. Dan bisa lebih tenang dalam menghadapi kehamilannya.

B. Memeriksakan kehamilan secara teratur baik ke dokter atau ke bidan terdekat.
Hal ini dapat mempengaruhi psikologis ibu hamil karena mengetahui perkembangan janinnya.

C. Perhatian Suami yang lebih intens
- Perhatian yang diberikan suami dapat membangun kestabilan emosi ibu hamil.
- Adanya perubahan perilaku pada wanita hamil, para suami hendaknya dapat memberikan perhatian dan pengertian yang lebih kepada istri. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan hormonal yang drastis sehingga menimbulkan berbagai kecemasan pada wanita hamil yang jika dibiarkan akan terjadi depresi yang dapat membahayakan janin.
- Pahamilah jika istri anda lebih sensitif atau mudah marah-marah dibandingkan sebelumnya. Hadapilah istri anda dengan santai, berikan penjelasan kepada istri dengan cara baik-baik bukan dengan membalas dengan amarah. Bila suami membalas dengan kemarahan, bisa-bisa istrinya semakin tertekan sehingga mempengaruhi pertumbuhan janinnya.
- Memberikan perhatian yang sering dapat memicu rasa aman dan nyaman pada wanita hamil yang baik untuk pertumbuhan janinnya.
- Memberikan usapan dan pijatan lembut pada istri anda dengan penuh kesabaran. Hal ini akan memberikan efek tenang pada psikologis wanita hamil.
- Memberikan toleransi yang lebih dari biasanya. Apapun yang para suami perbuat (marah atau sayang) sangat mempengaruhi perkembangan calon bayinya.
- Menciptakan kondisi yang nyaman dan penuh kasih sayang sangatlah penting pada saat istri sedang hamil. Sadarilah bawa emosi yang meledak-ledak dari seorang ibu hamil dapat mempengaruhi detak jantung , tekanan darah, produksi adrenalin, aktivitas kelenjar keringat dan sekresi asam lambung sehingga dapat mempengaruhi kesehatan ibu hamil (mual, muntah, pening, lesu, gelisah). Hal ini akan merugikan pertumbuhan janin, karena si kecil sudah bisa merasakan dan menunjukkan reaksi terhadap stimulasi yang berasal dari luar dirinya.

D. Menjalin komunikasi
Menjalin komunikasi dengan suami sangatlah penting. Dengan begitu diharapkan suami dapat berempati dan mampu memberikan dukungan psikologis yang dibutuhkan. Jangan hanya diam saja, jika dipendam sendiri tidak akan membawa perubahan. Suami tetap acuh dan masalah ibu semakin berlarut-larut.

E. Memperhatikan kesehatan
Memperhatikan asupan makanan sehari-hari. Hindari makanan yang bisa membahayakan janin misalnya konsumsi zat-zat aditif, merokok, dan makan makanan instan yang banyak mengandung bahan pengawet.

F. Tetap beraktivitas
Lakukan hal-hal yang menyenangkan. Hal-hal yang menyenangkan dapat menjadikan psikologis kita menjadi lebih baik. Banyak mendengarkan musik dan melakukan senam hamil, agar tubuh anda menjadi rileks.

Demikian tipsnya dalam menyikapi perubahan psikologis istri yang sedang hamil semoga bermanfaat untuk anda, temukan info menarik tentang design kartu undangan pernikahan



Temukan artikel terkait:  Tips Merawat Diri Menjelang Pernikahan

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar