Bagaimana seandainya MATAHARI menjadi lubang hitam???

Bookmark and Share
LUBANG HITAM:
Untuk menjawab pertanyaan itu kita harus mengetahui apa itu lubang hitam dan cara kerjanya.

(baca baik-baik ya spaya ngerti )

Sebuah lubang hitam adalah sesuatu yang tertinggal ketika sebuah bintang mati. Sebuah bintang yang padat biasanya memiliki inti yang besar paling sedikit 3x dari massa matahari

Ketika sebuah bintang mati, reaksi fusi nuklir  berhenti karena bahan bakar untuk melakukan reaksi telah habis. Pada saat yng sama , gravitsnya menarik material kedalam dan memadadkan inti. ketika inti memadat menimbulkan panas , dan akhirnya menyebabkan ledakan SUPERNOVA  sehingga material dan radiasi terlempar ke ruang angkasa. Yang tersisa adalah inti yang sangat padat dan mampat.

Sekarang benda itu menjadi LUBANG HITAM (horeeee....)
yang arti harfiahnya hilang dari pandangan . Karena gravts intinya sangat kuat , maka inti tenggelam dalam waktu angkasa.

Sekarang inti bintang telah menjadi pusat yang disebut singularitas
Bagian terbuka dari lubang hitam disebutevent horizon

Begitu sebuah benda memasuki mulut lubang hitam, semua kejadian (menunjuk waktu angkasa) berhenti, tidak ada satu pun yang dapat melepaskan diri, dan tak terkecuali

weww


Jjenis lubang hitam:

1. Lubang hitam schwarzschild adalah lubang hitam yang paling sederhana yang intinya tidak berputar.
2. Lubang hitam KERR, bentuk paling umum di angkasa, dan berotasi.
bagiannya=
-singularitas-inti yang padat dan mampat
-event horizon-bagian terbuka dari lubang hitam
-ergosfer-daerah yang berbentuk seperti telur dari ruang yang terdistorsi di sekeliling event horizon
-batas statik-batas antara ergosfer dan ruang angkasa yg normal
Seandainya MATAHARI menjadi LUBANG HITAM.........:
Lubang hitam tidak menarik semua yang ada di sekelilingnya. jika sebuah benda melewati ergosfer, masih dapat terlemparkeluar dari lubang hitam dengan mendapat energi dari perputaran lubang hitam. akan tetapi, bila sebuah benda melintasi event horizon, akan terhisap dan tak pernah bisa lepas .

BAGAIMANA SEANDAINYA MATAHARI KITA MENJADI LUBANG HITAM??

kemungkinan terjadinya sngat kecil. ketika matahari mati, sekitar 5M tahun atau lebih dari sekarang, ilmuwan percaya bahwa matahari akan membesar menjadi sebuah raksasa merah. besar kemungkinan akan memakan Merkurius, Venus, Bumi.

sekarang, katakanlah matahari benar2 menjadi lubang hitam dan bumi beserta planet lain berusaha menghindar dari hal proses perubahan matahari. karena matahari adalah sebuah bintang yang berotasi, intinya akan terus berotasi sehingga menjadi sebuah lubang hitam KERR dengan sebuah ergosfer.karena inti matahari kecil, maka ergosfernya pun kecil. Karena ergosfer-nya kecil, planet2 kemungkinan akan tetap mengorbit sebagaimana biasanya, dan lubang hitam akan tetap sama dengan Matahari aslinya. Planet2 yang mangorbit tdk akan melihat perubahanya.

Apabila kejadian ini benar-benar terjadi, kehidupan tak akan berubah secara dramatis. Sebuah lubang hitam memancarkan cahaya sama sekali. Kegelapan akan menyelimuti bumi sehingga akan menjadi sangat dingin. Lautan akan membeku dan bentuk kehidupan yang ada akan mati dengan cepat. Seandainya manusia berada dalam tanah dengan kemampuan dapat menghasilkan listrik dan panas, kemungkinan manusia akan tetap hidup. Akan tetapi, di permukaan bumi semuanya menjadi suram.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger