Belajar Membedakan Batik Tulis dan Cap

Bookmark and Share




Batik Tulis - Beberapa tahun terakhir, semakin banyak kalangan muda yg mencintai produk buatan Indonesia. Salah satunya, mengenakan batik di berbagai kesempatan.

Dgn perkembangan kecintaan batik di kalangan kaum muda yg makin signifikan, berdampak positif bagi produsen batik-batik di berbagai daerah. Permintaan batik tulis maupun batik cap sangat tinggi. Apalagi diikuti konsep mode batik yg berkembang lebih modern dan dapat mengikuti kebutuhan kalangan muda.

Menghadapi hal tersebut, Anda tetap harus waspada. Yaitu dgn mengetahui cara membedakan antara batik tulis asli dgn batik cap yg mengaku-aku sebagai batik tulis.

Sebenarnya mudah sekali membedakannya. Sekali mata memandang pun sudah ketahuan. Kenapa? Karena batik cap itu kan mesinnya seruas demi seruas mengerjakannya, nah kita dapat melihat garis batas 'ketemunya' pattern cap. Kalau batik tulis tidak ada pinggirannya, pasti ada yg belepotan sedikit karena pengerjaannya pakai tangan. Batik tulis juga tidak memiliki garis lurus, kebanyakan melengkung. Dalam artian, batik cap itu pasti memiliki bentuk garis atau motif yg benar-benar sama, sementara batik tulis tidak akan sama.

Agar tidak termakan omongan pedagang, Anda selaku konsumen juga harus lebih memerhatikan detail batik yg ditaksir. Itu dilakukan agar Anda tidak merugi.

.Batik cap juga memiliki dua jenis cap. Cap halus, di mana capnya terlihat sangat mirip batik tulis. Dan cap kasar yg dilihat pun sudah kentara, tapi kita tetap dapat melihat garis pemisah capnya, kok. Asal mau lebih teliti sedikit supaya tidak tertipu, terutama saat batik yg Anda sangka batik tulis dan telah membayar mahal batik tersebut sementara sebenarnya batik tadi hanyalah batik cap.

Sumber: okezone.com
Temukan Info Lain Seputar Batik Tulis

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger